Jun 062011
 

Assalamu’ alaikum wr wb

Saat kita menginstall virtualbox pasti kita juga sudah menginstall tools bawaan yang mungkin jarang kita pakai, yaitu vboxwebsvr.

Ok sekarang kita akan menjalankan vboxwebsvr dengan perintah :

#vboxwebsvr

Dengan perintah di atas kita sudah menjalankan virtualbox server. coba sekarang buka browser dan bukan alamat http://127.0.0.1:18083, maka akan muncul tampilan dengan format xml itu menunjukkan server virtualbox sudah berjalan.

Sekarang mari kita download phpvirtualbox, dengan asumsi anda sudah menginstall apache php. http://code.google.com/p/phpvirtualbox/.

Setelah download lalu extrack di folder root apahce.

misal : /var/www/

setting file config.php yang ada pada folder phpvirtualbox-xxx


#ini adalah user pada komputer kamu yang mempunyai hak akses untuk jalankan virtualbox


#var $username = 'mbahsomo';
#var $password = 'passs';

/* IP address komputer kamu, jika tidak konek jaringan bisa menggunkan 127.0.0.1*/
#var $location = 'http://192.168.0.1:18083/';

lalu jalankan dengan browser http://localhost/phpvirtualbox-xxx/, isi user dan password dengan admin, admin.

setelah itu tunggu, gimana pasti error ya, 😀

kalo anda menggunakan ip 192.168.0.1 anda juga harus menjalankan vboxwebsrv dengan ip tersebut.

#vboxwebsvr –host 192.168.0.1

lalu coba lagi browser anda. pasti dak sukses.

Selamat mencoba

Wassalamu’ alaikum wr wb

Facebook Comments

  10 Responses to “phpvirtualbox maintenance VirtualBOX from webbrowser”

  1. wow keren mbah…. 🙂

  2. Terimakasih mas atas kunjungannya

  3. ya mbah sama2, ditunggu tutorial selanjutnya… saya senang bisa belajar dari contoh2 yg ada diweb ini, mudah dimengerti… trims 🙂

  4. @ panega:
    Ok Mas, “Sampaikan walau hanya satu ayat”

  5. Alternative neh kang..
    #vboxwebsvr –host 192.168.0.1
    bisa juga pakai
    #vboxwebsvr -b -H 192.168.0.1
    -b artinya bekerja background

  6. @ qu4ck:
    Wah sip

  7. @ mbahsomo:

    ya mbah betul sekali,….. oh ya saya pakai ubuntu, sedikit koreksi untuk -> #vboxwebsvr yang benar menjadi -> #vboxwebsrv

    ada baikinya postingannya di edit saja mbah somo, semoga membantu yang lainnya…

    berikut pesan yang kluar @terminal…

    ubuntu@localhost:~$ vboxwebsvr
    No command ‘vboxwebsvr’ found, did you mean:
    Command ‘vboxwebsrv’ from package ‘virtualbox-ose’ (universe)
    vboxwebsvr: command not found

    trims, maaf klo malah saya yang keliru…

  8. hehe iya maaf salah tulis terimakasih atas koreksinya
    => vboxwebsrv

  9. @ mbahsomo:
    hehe iya mbah gpp, dimaklumi… :d oh ya gmna tutorial extjs loginnya mas, blm bisa2 nih, jadi user_biasa masing2 hanya bisa akses data mereka masing-masing…

  10. iya mas bulan ini saya lagi subuk banget, lagi mau loucing product sama pindahan server.
    Atau bisa masuk ke tutorial lama saya di sini http://mbahsomo.ucoz.com/news/2008-09-23-4

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code class="" title="" data-url=""> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong> <pre class="" title="" data-url=""> <span class="" title="" data-url="">

(required)

(required)